Kamis, 09 Agustus 2012

RAPAT PLENO DIWARNAI ADU MULUT

Pencalonan Mayjend. Armyn Angkasa Alianyang sebagai gubernur dalam Pemilukada Kalbar tahun 2012 kembali dipersoalkan dalam Rapat Pleno KPU Kalbar yang berlangsung di Hotel Santica Senin (6/8/12). 

Kali ini oleh bakal calon gubernur Abang Tambul Husin dan pendukungnya Tobias Ranggie. Sempat terjadi adu mulut antara keduanya dengan Ketua KPU Kalbar AR. Muzammil menyangkut keabsahan pencalonan Armyn. 

“Kami menilai pencalonan Armyn yang masih berstatus TNI aktif tidak syah dan berpotensi memicu kekisruhan di kemudian hari,” ungkap Tambul. 

Bahkan, Tambul meminta agar sidang diskor, sehingga menimbulkan protes dari 3 kubu pasangan calon lainnya. 

Meskipun pada akhirnya Tambul bersedia mengikuti penentuan Nomor Urut, tetapi persoalan lolosnya Armyn Angkasa Alianyang tetap dilanjutkan secara hukum. 

Menjawab hal itu, Ketua KPU Kalbar AR. Muzammil mengatakan, bahwa pencalonan Armyn Angkasa Alianyang telah memenuhi persyaratan Undang – Undang, dengan melampirkan Surat Pernyataan Pengunduran diri saat mendaftar ke KPU. 

“Sebab, yang dipersyaratkan Undang – undang terkait pencalonan prajurit TNI adalah Surat Pernyataan Pengunduran diri, bukan surat dinyatakan telah mundur dari institusi yang bersangkutan,”tegasnya. 

Kendati demikian jika ada pihak yang merasa berkeberatan atau menilai telah terjadi pelanggaran dalam tahapan Pemilukada, ia mempersilahkan yang bersangkutan untuk menempuh jalur hukum. 

Sementara itu, KPU Kalbar telah menentukan dan menetapkan nomor urut 4 pasangan calon dalam Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalbar tahun 2012. 

Masing – masing, Pasangan Calon Cornelis – Christiandy Sandjaya mendapat nomor urut 1, Armyn Angkasa Alianyang – Fathan A. Rasyid mendapat nomor urut 2, Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid nomor urut 3 dan Abang Tambul Husin – Barnabas Simin menadapat nomor urut 4.

0 comments:

Posting Komentar