Sabtu, 16 Juni 2012

GAIB PANTAU MONEY POLITIC DI PILGUB KALBAR

Gerakan Anak Indonesia Bersatu/GAIB Kalbar berkomitmen mengawal proses Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2012, terutama mengawasi terjadinya praktik money politic. Sebab, telah menjadi trend di kalangan politisi maupun pasangan calon untuk memenangkan kompetisi Pemilukada, bukan dengan mengkampanyekan visi misi yang diusung, melainkan dengan melakukan praktik politik uang. 

Dihubungi Jum`at (15/06/12), Ketua GAIB Kalbar, Rudi Supriandi, mengakui jika potensi money politic dalam pilgub Kalbar cukup besar. Dan hal itu sebenarnya telah terdeteksi sejak awal, dimana beberapa figur yang maju mendadak bersikap sangat sosial dengan seringnya menggulirkan bantuan pada masyarakat. 

Sementara pada hari penentuan atau pencoblosan, maka serangan fajar masih menjadi alternatif bagi pasangan calon, karena dianggap ampuh untuk mendulang suara. 

Oleh karena itu, dalam Pemilukada kali ini, GAIB akan menerapkan pola dan strategi pengawasan dengan menyebar anggota ke berbagai daerah. Di lapangan nantinya anggota akan melakukan pengumpulan data dan fakta serta investigasi. Rudi menambahkan, untuk mengawasi praktik politik uang dalam Pilkada membutuhkan partisipasi dan kerjasama keras semua pihak. 

GAIB akan menggalang kekuatan dengan LSM lokal maupun nasional untuk memantau Pilgub Kalbar, sehingga pesta demokrasi yang nantinya berlangsung dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas. 

Menurutnya, jika masyarakat memilih hanya berdasarkan uang, justru semakin menyengsarakan rakyat. Karena Kepala Daerah yang menang dan berkuasa tidak segan untuk menghalalkan segala cara dalam memerintah, termasuk melakukan korupsi untuk menutupi ongkos politik yang telah dikeluarkan. 


0 comments:

Posting Komentar