Minggu, 15 Januari 2012

WARGA TUNTUT JANJI PT. PARAMITHA INTERNUSA PRATAMA

Sebanyak 20 tokoh masyarakat asal 5 desa dari Kabupaten Kapuas Hulu, Jum`at (13/01/12), mendatangi Pemerintah Provinsi Kalbar dan mengadakan pertemuan dengan beberapa pejabat mewakili gubernur. Mereka mewakili 500 an KK asal desa Nanga Seberuang, Lemedak, Tua Abang dan Sekedau di Kecamatan Semitau serta desa Sentabay dari Kecamatan Silat Hilir.
Perwakilan warga meminta Pemerintah untuk menengahi persoalan menahun dengan PT. Paramitha Internusa Pratama, anak perusahaan PT. Sinar Mas. Pasalnya perusahaan perkebunan sawit tersebut belum membangun kebun plasma untuk masyarakat petani, sesuai perjanjian yang ditandangi kedua belah pihak tahun 2007 lalu. Dimana pembagian lahan yang disepakati 80 % untuk kebun inti dan 20 % kebun plama.
Kepada RRI, Ketua Adat Desa Nanga Seberuang, Kristian, mengatakan awalnya perwakilan warga juga berencana untuk menemui Ketua DPRD Kalbar, Kapolda Kalbar, Kepala Dinas Perkebunan dan Komnas HAM, namun terpaksa dibatalkan karena pimpinan keempat lembaga tidak berada di tempat. Sehingga mereka menyampaikan maksud melalui surat yang dititipkan pada Sekretariat masing – masing lembaga.
Hal serupa nantinya juga dilakukan pada Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, sebab dahulunya perusahaan tersebut masuk juga difasilitasi oleh pemerintah.
Sementara itu, warga desa Lemedak Rangga Warsito menuturkan, bahwa kebun inti telah ditanami perusahaan sejak tahun 2008, bahkan telah dipanen setahun lalu. Warga menawarkan 3 opsi untuk perusahaan, yakni segera menanam kebun plasma, menyerahkan 20 % lahan inti menjadi lahan plasma atau pemutusan hubungan kemitraan dengan perusahaan.
Rangga tidak membantah perusahaan telah memenuhi beberapa kesepakatan untuk membangun fasilitas umum di areal konsesi, antara lain rumah sekolah, membangun infrastruktur jalan desa serta mendirikan rumah ibadah. Tetapi jika semua upaya yang ditempuh masih menemui jalan buntu, maka tidak ada pilihan lain bagi warga, selain memilih opsi ketiga yakni memutuskan hubungan kemitraan dengan perusahaan.  

0 comments:

Posting Komentar