Rabu, 10 Juli 2013

Kalbar Diminta Revisi Program Dalam MP3EI

KBRN, Pontianak: Kalbar menjadi salah satu propinsi di pulau Kalimantan yang masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). 

Meskipun menjadi prioritas, namun, porsi anggaran yang dikucurkan bagi Kalbar dalam MP3EI melalui APBN 2013, nilainya di bawah propinsi Kalteng, Kalsel dan Kaltim. 

Ketika dimintai tanggapannya terkait hal itu usai menutup Rakernas HIPMI XV Selasa (11/6/2013), Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, bahwa porsi anggaran yang dikucurkan untuk membiayai program dalam MP3EI di daerah, sesuai dengan pengajuan kegiatan dan program dari masing – masing propinsi. 

"Kalbar dalam pengajuan anggaran beberapa waktu lalu memang lebih kecil dibanding 3 propinsi lain di Kalimantan," ujar Hatta. 

Namun, ia telah menyampaikan pada Sekda Kalbar M. Zeet Hamdy Assovie yang mewakili gubernur untuk segera merevisi pengajuan guna mengakomodir pembangunan infrastruktur lainnya dalam MP3EI. 

Hatta menyebutkan total anggaran yang dikucurkan dalam APBN 2013 untuk mendanai berbagai kegiatan dan program dalam MP3EI di regional Kalimantan mencapai Rp.286 trilyun. 

"Ada 5 Kawasan Perhatian Investasi (KPI) yang dibangun di Kalbar dalam MP3EI, antara lain di Kabupaten Pontianak, Ketapang dan Sanggau," sebutnya, seraya mengatakan, pembangunan KPI juga berlangsung di 3 propinsi lain di Kalimantan yang bertujuan untuk mempercepat dan memperluas pembangunan ekonomi nasional. (Boyke S/AKS)

0 comments:

Posting Komentar