Rabu, 30 November 2011

MOBIL PICK UP JADI DAMKAR

Camat Telok Keramat Kabupaten Sambas Uray Heriyansyah, mengeluhkan minimya fasilitas pemadam kebakaran di daerah setempat. 1 unit mobil kebakaran yang ada di Desa Sekura tidak dapat menjangkau wilayah Kecamatan yang terbilang luas. Apalagi, mobil terkadang juga dipergunakan untuk memadamkan kebakaran di Kecamatan tetangga. Sementara mobil pemadam kebakaran yang ada di Singkawang, meskipun sering melintasi jalanan di Telok Keramat, tapi anehnya ketika terjadi kebakaran lahan maupun hutan justru tidak pernah diterjunkan. 
Hal itu diungkapkan Uray saat memimpin rombongan Kepala desa Telok Keramat bertatap muka dengan anggota Komisi C DPRD Kalbar Tony Kurniadi, di Ruang Bahaum DPRD Kalbar Rabu (23/11/11).
Uray menuturkan, mobil tersebut sebenarnya bukan mobil dengan spesifikasi untuk pemadam kebakaran/damkar, melainkan sebuah pick up. Statusnya pun pinjaman dari Pemprov Kalbar, jadi sewaktu – waktu dapat ditarik jika Pemprov memerlukan. Mobil pick up ber plat merah tersebut dipinjamkan oleh Gubernur Kalbar Usman Ja`far ketika masih menjabat. 
Untuk itu, dirinya meminta agar mobil pick up tersebut dihibahkan saja pada daerah, karena memang sangat diperlukan, bukan hanya untuk memadamkan kebakaran di pemukiman melainkan juga kebakaran lahan.
Menjawab hal itu, Tony Kurniadi mengatakan, bahwa hibah dapat saja dilakukan, asalkan melalui mekanisme dan aturan yang berlaku. Prosesnya tentu diajukan melalui Pemerintah Kabupaten secara resmi kepada Pemprov Kalbar. 
Tony mengakui saat ini penyediaan fasilitas mobil pemadam kebakaran di daerah memang belum dialokasikan melalui APBD Kalbar, melainkan bantuan dari pusat yang dianggarkan melalui APBN. Tapi dewan akan berupaya kedepan untuk secara bertahap, meningkatkan fasilitas pemadaman kebakaran di daerah.

0 comments:

Posting Komentar