Selasa, 28 Februari 2012

SEJUMLAH DESA DI KALBAR DAPAT BANTUAN LISTRIK 2012

Pemprov Kalbar terus berupaya meningkatkan pelayanan listrik di daerah terpencil perbatasan maupun kepulauan, dengan menyalurkan bantuan PLTS dan PLTMH, termasuk mempertimbangkan penerapan teknologi Sistem Konservasi Energi Angin atau SKEA. Untuk tahun ini sebanyak 4 Kabupaten diajukan untuk mendapatkan bantuan PLTS dari Kementrian ESDM. Namun, baru Kabupaten Ketapang yang telah melengkapi semua persyaratan.

Dalam rapat dengan Komisi C DPRD Kalbar Kamis (16/02/12), Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalbar Agus Amman Sudibyo mengatakan, pembangunannya disesuaikan dengan potensi energi di masing – masing daerah, seperti Kabupaten Kapuas Hulu sejak tahun 2009 – 2011 selalu mendapatkan bantuan PLTMH. Tapi mungkin karena tidak sesuai dengan potensi energi atau kondisi di lapangan, ketika musim kemarau mesin tidak dapat beroperasi. Sehingga untuk tahun 2012 dirinya meminta Kabupaten pengusul mengkaji secara seksama desa yang disusulkan untuk menerima bantuan PLTMH, terutama memungkinkan dari segi potensi energi.

Agus Amman menyebutkan rasio elektrifikasi di Kalbar saat ini baru 59, 70 persen, atau masih ada 40 persen Rumah Tangga yang belum diterangi listrik. Sedangkan rasio desa berlistrik juga baru mencapai 59 persen, yang artinya 49 persen desa di Kalbar masih menunggu pelayanan listrik.

0 comments:

Posting Komentar