Senin, 13 Februari 2012

KEMATIAN 6 WARGA LANDAK BUKAN AKIBAT PENYAKIT MENULAR

Sebanyak enam warga dusun Sembaduk desa Temahar di Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Sabtu (11/02/12), meninggal secara mendadak dalam waktu yang hampir bersamaan, sehingga menimbulkan kepanikan warga lainnya. Bahkan, sempat muncul desas – desus di kalangan masyarakat, jika kematian warga akibat terkena penyakit menular dan mematikan. Apalagi kematian warga yang terdiri dari 5 orang dewasa dan satu anak – anak ini, tergolong tidak lazim.

Untunglah aparat terkait bersama Pemerintah setempat segera turun ke lokasi dan menenangkan warga, sehingga isu tidak semakin meluas.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar telah menerjunkan tim ke lokasi kejadian, untuk memeriksa seluruh jasad korban serta sisa - sisa makanan dan mengambil sebagian untuk dijadikan sample. Hasil pemeriksaan sementara 7 orang tim bersama Dinas Kesehatan setempat, diduga kematian keenam warga akibat keracunan makanan, bukan terkena penyakit menular.

Dihubungi Minggu (12/02/12) malam, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Andy Jap meminta masyarakat tidak terpengaruh isu yang beredar, jika kematian warga akibat virus mematikan. Terkait jenis racun yang terkandung di dalam makanan tersebut, untuk lebih jelasnya sebaiknya menunggu hasil pemeriksaan di laboratorium.

Di bagian lain, Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Mukson Munandar mengatakan, otopsi terhadap salah satu jenazah korban telah dilakukan oleh 2 orang tim forensik dari RS Polri bersama tim forensik Polda Kalbar dan Dinas Kesehatan setempat. Namun untuk memastikan penyebab kematian warga, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut, tapi diperkirakan Senin pagi telah dapat diumumkan.

Mukson menambahkan, saat ini situasi di lokasi relatif kondusif, namun, pihaknya bersama tokoh masyarakat dan pemuka adat telah menjelaskan bahwa kematian keenam warga tersebut bukan karena roh jahat. Sebab sebagian masyarakat setempat masih mempercayai hal – hal yang berbau mistik.

0 comments:

Posting Komentar