Selasa, 28 Februari 2012

JADWAL PILGUB 2012 LEBIH AWAL DARI PILGUB 2007

Ketua KPU Kalbar AR. Muzammil menyatakan, Pemilihan Gubernur yang dijadwalkan berlangsung 20 September 2012, telah melalui proses penghitungan yang tepat. Jadwalnya memang lebih awal dibandingkan pilgub tahun 2007 lalu, yang berlangsung bulan November.

Hal itu diungkapkan Muzammil, dalam Silaturrahim dan Dialog Ormas Islam Kalbar berlangsung di Hotel Dangau Kabupaten Kubu Raya Minggu (26/02/12). Hal ini dimaksudkan agar sebelum berakhirnya masa jabatan gubernur dan wakil gubernur saat ini pada tanggal 14 Januari 2013, telah ditetapkan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil pemilukada.

Selain itu, penetapannya juga memperhatikan agar tidak bertabrakan dengan hari besar keagamaan, yakni Hari Raya Idul Fitri dan Musim Haji. Namun, jika terjadi 2 putaran yang dijadwalkan 8 November 2012, mungkin saat itu masih ada sebagian jama`ah haji asal Kalbar belum kembali dari tanah suci Mekkah.

Muzammil mengakui dalam penetapan hari pemungutan suara memang berlangsung cukup alot, karena sebagian pihak mengusulkan hari Sabtu, sedangkan yang lain menghendaki hari Senin. Namun, setelah mempertimbangkan berbagai aspek akhirnya KPU memutuskan pemungutan suara berlangsung pada hari Kamis.

Terkait potensi konflik, Direktur Binmas Polda Kalbar Kombes Pol. Suhadi SW mengakui potensi konflik dalam Pilgub cukup tinggi, yang dipicu beberpa faktor. Diantaranya keterlambatan dalam pendistribusian logistik, masyarakat yang punya hak pilih namun tidak tercantum dalam DPT, serta pengaturan jadwal kampanye yang kurang tepat.

Di bagian lain, Asisten Teritorial Kodam XII Tanjungpura Kol.Inf Fajar Budiman menyatakan netralitas TNI dalam Pilgub Kalbar maupun Pilwako Singkawang yang berlangsung secara serentak. Meskipun nantinya ada purnawirawan TNI yang maju, hal itu jangan diartikan keterlibatan TNI dalam politik praktis, melainkan yang bersangkutan telah menjadi warga sipil.



0 comments:

Posting Komentar