Selasa, 28 Februari 2012

HET ELPIJI 3 KG TINGGAL SK GUBERNUR

Harga Eceran Tertinggi – HET elpiji 3 Kg bersubsidi untuk 14 Kabupaten Kota di Kalbar telah dibahas oleh Pemerintah Provinsi Kalbar, dan kini hanya tinggal menunggu SK dari gubernur. “Dari 14 Kabupaten Kota, usulan HET untuk Kabupaten Kapuas Hulu termasuk yang tertinggi, sehingga mendapat kajian lebih mendalam agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat setelah diterbitkan,”ujar Kepala Dinas Pertambangan & Energi Provinsi Kalbar Agus Amman Sudibyo, Dalam rapat dengan Komisi C DPRD Kalbar, Kamis (16/02/12).

“Pembahasan HET dilakukan di Biro Ekonomi Sekretariat Daerah dengan menyepakati adanya variasi harga antara 1 Kecamatan dengan Kecamatan lainnya,” terangnya. Namun, ia enggan menyebutkan HET dari masing – masing Kabupaten Kota.

Agus Amman menambahkan, Penetapan HET tetap memperhatikan aspek jarak angkut, yakni semakin jauh harga relatif lebih tinggi. “Sesuai aturan jarak dari SPBBG di atas radius 60 Km memang diperbolehkan untuk menaikkan harga. Namun, jika masih dapat ditempuh melalui jalur transportasi darat, maka harga lebih murah, “jelasnya.

Sebanyak 1. 052. 286 Kg elpiji telah didistribusikan ke berbagai daerah di Kalbar sepanjang tahun 2011 lalu, atau 99 % dari total 1. 066. 796. Namun, target distribusi untuk Kabupaten Sanggau memang baru mencapai 86 %. “Pemerintah akan mengusulkan tambahan kuota jika masih ada masyarakat yang belum terdata, “tambah Agus.


0 comments:

Posting Komentar