Kamis, 09 Februari 2012

DPRD SANGGAU KEMBALI JADWALKAN PEMBAHASAN SEKAYAM RAYA DAN TAYAN

Pemerintah Daerah Sanggau mendukung sepenuhnya pembentukan 2 daerah otonom baru setingkat Kabupaten yakni Kabupaten Sekayam Raya dan Kabupaten Tayan. Bahkan, usulan telah disampaikan ke Pemerintah Provinsi Kalbar, namun setelah dievelausi memang terdapat beberapa persyaratan yang masih perlu dilengkapi.

Dihubungi Selasa (07/02/12), Ketua DPRD Sanggau Andreas Nyas menjelaskan diantara persyaratan yang masih kurang, yakni menyangkut pembiayaan bagi Kedua Kabupaten tersebut jika nanti terbentuk selama beberapa tahun serta pengalihan asset, seperti yang dipersyaratkan dalam PP Nomor 28 Tahun 2007.

Pemerintah Daerah Sanggau telah komit untuk mendorong terbentuknya pemekaran Sekayam Raya dan Tayan. Bahkan, pembahasan lebih lanjut telah diagendakan dalam Sidang Paripurna DPRD Sanggau yang dijadwalkan tanggal 17 Februari 2012.

Rencana pemakaran Kabupaten Sekayam Raya dicetuskan sejak tahun 1997 silam, yang meliputi 5 Kecamatan di perbatasan Kalimantan Barat – Serawak Malaysia, yakni Entikong, Kembayan, Beduai, Noyan dan Balai Karangan.

Pembentukan suatu Kabupaten baru di wilayah perbatasan, dinilai warga kelima Kecamatan merupakan kebutuhan yang urgens dan juga rasional, demi mempercepat pembangunan di beranda terdepan negara.

Sedangkan pemekaran Kabupaten Tayan mencakup 5 Kecamatan yakni Tayan Hilir, Tayan Hulu, Batang Tarang, Toba dan Meliau. Tidak jauh berbeda dengan Sekayam Raya, usulan pembentukan Kabupaten Tayan dilandasi keinginan kuat untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan.

0 comments:

Posting Komentar