Selasa, 28 Februari 2012

CU DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI SEKADAU

Setelah melakukan berbagai persiapan selama 1 bulan akhirnya Kantor Pusat Credit Union/CU Usaha Kita di Sungai Ayak Kabupaten Sekadau, diresmikan oleh Gubernur Kalbar, Cornelis MH Kamis (24/02/12). Peresmian ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali oleh gubernur yang disambut dengan tepukan dan sorakan lebih dari 1.000 an tamu dan undangan yang memadati halaman CU.

Peresmian berlangsung sekitar pukul 11.00, molor sekitar 2 jam dari waktu yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB. Namun hal itu tidak mengurangi semangat warga maupun undangan untuk menunggu acara puncak.

Dalam sambutannya, Cornelis mengakui peran Credit Union dalam menggerak perekonomian masyarakat terutama pada wilayah pedalaman, melalui bantuan keuangan. Keberadaan CU mampu mengurangi angka pengangguran, mengelola inflasi, menjaga gerakan sektor riil, mempertahankan daya beli masyarakat, melindungi kelompok masyarakat miskin serta memelihara angka pertumbuhan ekonomi.

Cornelis mengapresiasi peran CU yang berhasil mendongkrak angka pertumbuhan ekonomi di daerah. Bahkan, tanggal 18 Februari 2012 Universitas 11 Maret Solo memberikan perhargaan atas Pemprov Kalbar, terkait pertumbuhan ekonomi yang didongkrak oleh CU.

Lebih lanjut, Cornelis menyebutkan pertumbuhan ekonomi di pedalaman seiring membaiknya iklim investasi, dapat dilihat melalui indikator pertumbuhan kendaraan bermotor, yang tiap tahun terus meningkat. Bahkan, dibandingkan di perkotaan, kendaraan bermotor jauh lebih banyak laku di pedalaman.

Dampaknya memang infrastruktur jalan yang mudah rusak serta tingginya angka lakalantas, karena masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.

Menurut Cornelis, hal ini menunjukkan semakin eksisnya CU dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kedepan, dirinya berharap CU menjadi lembaga keuangan alternatif bagi usaha nikro, kecil dan menengah sekaligus dapat menjadi mitra pemerintah daerah, dalam mengembangkan potensi perekonomian daerah.

Senada dengan itu, Bupati Sekadau Simon Petrus mengakui keberadaan CU di tengah masyarakat dewasa ini terasa sangat bermanfaat bagi para anggota. Khusus CU Usaha Kita mampu menyentuh masyarakat di 3 Belitang Kabupaten Sekadau, yakni Belitang Hilir, Belitang dan Belitang Hulu.

Terlebih lagi masyarakat pedalaman yang semula belum mengerti tentang menabung, kini mereka telah lebih mengerti dengan menyetorkan uang mereka secara langsung ke CU. Begitupula dengan pinjaman modal kerja kepada anggota dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan lembaga keuangan lain, seperti sektor perbankan.

Kedepan ia berharap CU menjadi lembaga keuangan alternatif bagi usaha mikro, kecil dan menengah sekaligus dapat menjadi mitra pemerintah daerah, dalam mengembangkan potensi perekonomian daerah.

Sementara itu, Ketua CU Usaha Kita Agustinus mengatakan, tingginya pertumbuhan asset dan peningkatan jumlah keanggotaan, menunjukkan keberadaan masyarakat terhadap CU kian hari semakin diminati. Bahkan CU yang berdiri tahun 1989 silam, berhasil menempatkan sebagai Koperasi Kredit keenam terbesar di Kalbar, dengan asset mencapai 143 milyar rupiah. Sementara jumlah keanggotaan hingga Desember 2011 tercatat sebanyak 14. 921 orang.

Untuk menunjang seluruh kegiatan kedepan, maka manajemen CU Usaha Kita telah menyepakati untuk membangun Kantor Pusat yang lebih representatif dengan biaya mencapai 7 milyar rupiah.




0 comments:

Posting Komentar