Kamis, 16 Februari 2012

7 KUB DI KALBAR TERIMA BANTUAN KAPAL 30 GT

11 Kelompok Usaha Bersama/KUB nelayan dari 7 Kabupaten Kota di Kalbar Selasa (14/02/12), di Pelabuhan Perikanan Pantai di Sungai Rengas Kabupaten Kubu Raya, menerima paket bantuan kapal INKA MINA (Inpres Kapal Perikanan) dan mesin kapal dari pemerintah. 7 KUB diantaranya menerima kapal penangkap ikan masing – masing 1 unit dan 4 KUB lainnya menerima mesin kapal 7 PK.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh gubernur Kalbar Cornelis, kepada 7 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah penerima bantuan, yakni Kota Pontianak dan Singkawang, Kabupaten Pontianak, Kubu Raya, Sambas, Bengkayang dan Kayong Utara.

Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Kalbar Gatot Rudiono mengatakan, setiap kapal dilengkapi mesin utama berukuran 170 PK, generator set 20 KVA, alat tangkap ikan jenis jaring insang (pukat Gillnet), Fish Finder, Geography Position System (GPS) serta radio band CB untuk mengirim informasi. Bahkan, kapal juga dapat memberikan informasi dari laut ketika melihat kapal asing ilegal menangkap ikan di perairan Indonesia.

Gatot menambahkan, kapal INKA MINA merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2012 tentang Percepatan Pembangunan Nasional melalui Restrukturisasi Armada Penangkapan Ikan dari ukuran kecil menjadi ukuran menengah besar (>30 GT) agar dapat beroperasi ke laut lepas lebih dari 12 mil. Semua kapal berbahan Fiber Glasss Reinforcemen Plastic (FRP) agar efektif dan efisien dalam beroperasi di laut.

Sementara itu, gubernur Kalbar Cornelis meminta kepada para nelayan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan, demi meningkatkan produksi ikan tangkap. Apalagi tidak semua nelayan beruntung, memperoleh bantuan kapal yang dilengkapi peralatan canggih dan modern. Namun, pemerintah provinsi tetap berupaya agar bantuan serupa juga dapat diperoleh KUB nelayan lainnya.

Seusai menyerahkan paket bantuan, Cornelis juga meresmikan Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Higien yang berada di kompleks Pelabuhan Perikanan Pantai di Sungai Rengas Kabupaten Kubu Raya

0 comments:

Posting Komentar